head2 Ramuan umpan mancing ikan nila terbaik | tokopancingku.com

Ramuan umpan mancing ikan nila terbaik

Gambar umpan ikan nila

Gambar umpan ikan nila

Memancing memang bukan pekerjaan yang mudah dan harus memiliki kesabaran yang baik. Hal ini dikarenakan kita harus menunggu ikan untuk memakan umpan kita. Jika umpan yang anda berikan berkualitas, maka anda akan dapat memancing ikan dengan mudah tetapi apabila umpan yang anda berikan tidak sesuai maka ikan tidak akan memakan umpan tersebut.

Kita juga harus mengetahui karakter dari ikan yang ingin dipancing karena hal tersebut akan memudahkan dalam membuat umpan ikan.

Salah satu ikan yang sering kali dipancing di kolam pemancingan adalah ikan nila. Ikan nila sendiri memiliki karakteristik ikan yang rakus dan pemakan segala dan maka dari itu tidak begitu sulit untuk menyiapkan umpan ikan nila ini. tetapi ikan ini juga terbilang agresif dan maka dari itu akan sangat menyenangkan bila bertarung dengan ikan ini karena ikan ini akan berontak jika terkena pancingan anda.

Bahan adonan umpan ikan nila

Bahan adonan umpan ikan nila

Berikut ini adalah Cara meracik umpan ikan nila, selengkapnya :

  • ½  kg tepung tapioca
  • ¼  kg tepung roti
  • 1 kg rarong / udang rebon (cuci supaya tidak terasa asin lalu jemur sampai kering)
  • 2 ekor kembung (kukus ikan kembung sebelum dimasukan pada campuran adonan umpan)
  • 5 butir telor bebek
  • 5 sachet vanili

Cara mengolah umpan ikan nila

Adukan tepung tapioca dengan tepung roti sampai tercampur rata, lalu masukan telor bebek dan vanili aduk kembali sampai benar-benar merata adonan umpannya.

rarong atau udang rebon yang sudah dicuci dan kering di jemur lalu diblender sampai halus kemudian campurkan dengan adonan umpan tadi, aduk lagi sampai merata dan yang terakhir masukan ikan kembung dagingnya saja yang sudah dikukus, lalu aduk sampai benar-benar merata, kalau sudah merata adonan umpan langsung dikukus sampai matang.

Catatan penting :

Cara mengadukan adonan umpan harus bertahap sejenis-sejenis agar campuran komposisinya merata dengan baik dan dapat menimbulkan bau yang wangi.

Umpan ikan nila alami

Umpan ikan nila yang alami biasanya menggunakan cacing dan lumut tetapi ikan nila lebih suka jenis cacing sawah di banding cacing tanah biasa (kalung), untuk lumut bisa digunakan lumut sawah yang lebih disukai ikan nila, untuk menambah wangi lumut bisa ditambahkan esen pandan, tapi ada yang lebih bagus dengan bau alami supaya menetralkan wangi lumut, yaiutu dengan ketimun/bonteng, dengan memasukan isi bonteng (daging dan bijinya saja) maka lumut akan beraroma segar alami.